Covid-19 Tidak Hambat AGP Bersama Pengusaha Indonesia Berbagi Sembako

Ramadhan  tahun ini berbeda dengan Ramadhan sebelumnya, karena  Ramadhan tahun ini bersamaan dengan pandemi Covid-19. Wabah ini berdampak ke segala aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lain. Presiden Indonesia Joko Widodo mengimbau warga untuk melaksanakan tiga hal yakni bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah serta menjaga jarak.

“Sejak terungkap ada pasien Corona di Indonesia pada Maret, kami sempat terpikir apakah aksi bakti sosial AGP yang rutin digelar setiap Ramadhan bisa dilaksanakan pada  Ramadhan ini,” jelas Senior Artha Graha Peduli (AGP) Letjen TNI (Pur) Kiki Syahnakri saat acara Kick Off Corporate Social Security Responsibility (CSSR) AGP, Selasa (12/5/2020) di Kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta.

Kiki menjelaskan justru pendiri AGP Tomy Winata meminta kegiatan ini harus tetap dilaksanakan. Sebab pada masa sulit-sulit seperti inilah yang sudah sebulan lebih, warga mengalami kesulitan ekonomi dan harus mendapat bantuan sembako dan bantuan lainnya. Dengan kata lain, mengutip pernyataan Tomy Winata yakni Covid-19 tidak boleh menghambat AGP melaksanakan solidaritas sosial.

“Biasanya setiap Ramadhan, ada Pasar Murah Sembako AGP yang selalu didukung oleh para pengusaha nasional. Kali ini dengan dukungan para pengusaha nasional AGP melakukan bantuan  sembako dan bantuan lainnya langsung diberikan kepada warga kurang mampu secara gratis dengan tetap mengikuti protokol medis seperti menjaga jarak, memakai masker, dan lain-lain. Paket sembako juga diberikan kepada para janda (warakauri) dan keluarga TNI yang gugur saat tugas membela negara ,” ungkap Kiki.
Kiki menambahkan awal Ramadhan, AGP juga membuka dapur umum di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara sejak 1 Mei 2020 sampai 10 Mei 2020. Dapur umum ini dikelola oleh warga setempat dan relawan AGP dengan tetap memakai masker dan sarung tangan ketika memasak. Setiap hari, warga dan AGP memasak 200 porsi makanan yang kemudian diantar oleh relawan AGP ke rumah warga masing-masing agar penduduk tetap di rumah. Selain di Pademangan, AGP juga memberikan bantuan peralatan untuk Dapur Umum Kasih Bhayangkari di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebelum Ramadhan, AGP juga telah membuka Rumah Sakit Lapangan  (Rumkitlap) di Jalan Pasir Putih Raya No. 40 Ancol, Jakarta. RS ini memiliki fasilitas lengkap seperti tes cepat, pemeriksaan darah, ruang bedah, ruang isolasi, ruang perawatan biasa dan lain-lain dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Rumkitlap ini dibangun selama tiga minggu dan dioperasikan sejak 24 Maret 2020 dengan 15 dokter internal, delapan dokter spesialis relawan dari berbagai RS dan puskesmas, 34 perawat, serta sejumlah relawan yang telah dibekali protap kesehatan. Hingga 11 Mei 2020, total ada lebih dari 9000 warga yang sudah ‘rapid test’ (tes cepat) di Rumkitlap AGP.

Dalam membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid 19, Rapid test juga digelar oleh AGP dibeberapa lokasi yang berdekatan dengan unit usaha AG Group seperti di Takokak Cianjur, Cipanas Cianjur, Kendal Jawa Tengah, Serang Banten, Banyuasin Sumatera Selatan, Kubu Raya Kalimantan Barat, Kayong Utara Kalimantan Barat, Mandailing Natal Sumatera Utara, Padang Lawas Utara Sumatera Utara.

Selain memberikan paket sembako gratis, AGP bersama PT. Angel Product melakukan operasi pasar gula di Banten dan Jabodetabek. Operasi pasar gula juga dilakukan di Jawa Tengah, Semarang, Kendal dan Solo menggandeng PT. Industri Gula Nusantara. Operasi pasar ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya menekan harga gula di pasar.

Kegiatan rutin pemberian sembako juga dilakukan oleh AGP bersama Bank Artha Graha Internasional (BAGI) melalui program beras Jumat. Selain itu AGP bersama BAGI juga melakukan program kampung binaan di sekitar wilayah cabang BAGI.

“Untuk paket sembako dan bantuan lainnya yang diberikan AGP didukung oleh para Pengusaha Nasional Indonesia antara lain Sinar Mas, Indofood, Wings Grup, Bimoli, Central Omega Resources, Tambang Damai, Samora Grup, Indochlor, Bank Victoria, PT. Sembada, dan Yayasan Budha Tzu Chi, Wihara Satrya Dharma, Yayasan Wihara Dharma Bakti, Yayasan Mochamad Thohir, MusTi, serta pengusaha-pengusaha yang tergabung di dalam AG Group, AG Network. Para Pengusaha Nasional ini sangat antusias dalam membantu masyarakat kurang mampu apalagi berbagi saat bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Bahkan seluruh personil AG Group dari mulai pemegang saham sampai karyawan turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan ini dengan menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk pihak yang lebih membutuhkan. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang sedang menghadapi bencana besar wabah Covid-19,” pungkas Kiki.

“Orang Yang Berbahagia Bukanlah Orang Yang Hebat Dalam Segala Hal, Tapi Orang Yang Bisa Menemukan Hal Sederhana Dalam Hidupnya dan Mengucap Syukur”

“Kepedulian Kami adalah panggilan sebagai anak bangsa Indonesia untuk berbuat terhadap sesama yang tertimpa musibah”