Warga Kepulauan Mentawai Antusias Ikuti Pengobatan Massal HPN 2018

Sejumlah pemudik dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, tiba di pelabuhan Muaro, Padang, Sumatra Barat, 18 Juni 2017. (Antara/Iggoy El Fitra)

Deti Mega Purnamasari / FER | Rabu, 7 Februari 2018 | 20:30 WIB

Mentawai – Ratusan warga di Kabupaten Kepulauan Mentawai antusias mengikuti pengobatan massal yang dilaksanakan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2018. Terbukti dengan antrenya warga untuk mendaftar kegiatan tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemksb) Kepulauan Mentawai bahkan menyiapkan mobil khusus untuk mengangkut mereka dari pemukiman hingga ke RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai, untuk mengikutinya.

Bantuan sosial tersebut merupakan kerja sama antara Pemkab Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dengan Artha Graha Peduli, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli, Heka Hertanto, sempat meninjau pelaksanaan pengobatan gratis yang dilaksanakan di RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Kami bersukacita atas kegiatan ini. Secara kasat mata kondisi kesehatan di Mentawai sudah mulai membaik meskipun masih endemik di beberapa penyakit,” kata Yudas, di Mentawai, Rabu (7/2).

Kendati demikian, pihaknya bukan berarti tidak segera menanganinya. Pasalnya, selama ini sudah tidak ada lagi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit malaria. Pasalnya pada lima tahun lalu juga masih ditemukan KLB malaria di daerah tersebut.

“Dari Pemkab Mentawai menyambut baik. Ini kerja sama kami, walaupun tidak ada HPN, tapi kami akan lanjutkan,” katanya.

Bantuan sosial berupa pengobatan massal ini disebutkannya sangat membantu masyarakat sehingga hal tersebut jika disinergikan secara vertikal akan lebih bermanfaat.

“Orang Yang Berbahagia Bukanlah Orang Yang Hebat Dalam Segala Hal, Tapi Orang Yang Bisa Menemukan Hal Sederhana Dalam Hidupnya dan Mengucap Syukur”

“Kepedulian Kami adalah panggilan sebagai anak bangsa Indonesia untuk berbuat terhadap sesama yang tertimpa musibah”