Satgas AGP Fokus Bantu Anak-anak dan Manula Korban Asap

thumb_156940_09162027102015_Satgas_AGP_Fokus_Bantu_Anak-anak_dan_Manula_Korban_AsaRMOL. Satgas Artha Graha Peduli (AGP) Tanggap Darurat Bencana Kabut Asap hari Senin (26/10), membagi-bagikan bantuan kepada warga Palangka Raya, Kalimantan Tengah terutama anak-anak dan manusia lanjut usia (manula). 

Ternyata anak-anak korban asap senang sekali mendapatkan bantuan susu, sementara orang lanjut usia senang mendapatkan masker dan oksigen.

“Saat dibagi susu bubuk, anak-anak tampak suka cita. Senang sekali, sebab mereka tahu persis, kalau susu itu untuk mereka,” kata Komandan Lapangan Satgas AGP, Wasis yang menyerahkan bantuan kepada warga.

Di bawah koordinasi Satgas Tanggap Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan  Kalimantan Tengah, AGP membantu personel untuk membantu pengoperasian rumah singgah yang disiapkan oleh Korem. AGP juga mengisi logistik rumah- rumah singgah tersebut dengan oksigen tabung untuk dipakai oleh para pengungsi, obat-obatan untuk Ispa, susu untuk balita dan anak-anak.

“Anak-anak dan orang lanjut usia menjadi fokus untuk operasi kemanusiaan ini,” kata Ketua Satgas AGP Tanggap Darurat Bencana Kabut Asap, Heka Hertanto.

Selain di rumah singgah, Satgas AGP ke lapangan. Jika melihat anak-anak di luar rumah, Satgas memberi mereka masker dan membantu memakaikannya. “Daya tahan tubuh anak berbeda dibandingkan orang dewasa. Kalau terkena dampak asap, tubuh mereka menjadi lebih rentan,” kata Heka.

Anak-anak, lanjutnya, sebaiknya tetap tinggal di rumah saja. Tapi ada juga yang ke luar rumah, sehingga Satgas memberi mereka masker.

AGP sampai saat ini membantu mengelola tiga rumah singgah di tiga kecamatan di Palangka Raya. Di rumah singgah kecamatan Pahandut, misalnya, Satgas AGP membantu oksigen untuk balita, ibu hamil, dan orang lanjut usia. Satgas juga memberi pelatihan bagaimana cara memakainya dan kapan dipakainya. “Jika sudah lemas, pusing, itu tanda kurang oksigen,” kata anggota Satgas AGP yang tengah memberikan peragaan penggunaan tabung oksigen.

Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Kalteng, Kolonel (ARH) Purwo Sudaryono mengapresiasi AGP yang terjun langsung ke lapangan membantu korban asap di bawah koordinasi Korem.

“AGP ini dalam koordinasi kita. Semua relawan baik dari LSM, mahasiswa maupun dari instansi harus melakukan koordinasi dengan Satgas seperti AGP ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada AGP yangg langsung turun dan melakukan koordinasi penuh dengan Satgas,” tukas Purwo.

http://nusantara.rmol.co/read/2015/10/27/222264/Satgas-AGP-Fokus-Bantu-Anak-anak-dan-Manula-Korban-Asap-

“Orang Yang Berbahagia Bukanlah Orang Yang Hebat Dalam Segala Hal, Tapi Orang Yang Bisa Menemukan Hal Sederhana Dalam Hidupnya dan Mengucap Syukur”

“Kepedulian Kami adalah panggilan sebagai anak bangsa Indonesia untuk berbuat terhadap sesama yang tertimpa musibah”