HPN 2018 Gelar Baksos di Mentawai

REPUBLIKA.CO.ID, MENTAWAI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan Artha Graha Peduli (AGP), TNI AD, Pemda Sumatra Barat dan lain-lain mengadakan bakti sosial (baksos) pelayanan kesehatan gratis di Mentawai, Sumbar pada 7-8 Februari 2018. Kegiatan yang digelar dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018 itu, menargetkan mengobati sekitar 1.150 warga kepulauan tersebut.

“Kegiatan ini dilakukan bersama oleh Panitia HPN 2018, AGP, Korem 032/Wirabraja, Dinas Kesehatan Sumbar, RST, RSUD Mentawai, dan Yayasan Budha Sutzi untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga Mentawai,” kata Senior AGP Heka Hartanto, Jakarta, Senin (7/2).

Heka menuturkan, pengobatan yang dipusatkan di RSUD Mentawai di Tuapejat untuk warga dari Pulau Sipora, Siberut dan Sikakap. Mereka mendapat pelayanan Screening Katarak, IVA Test, Screening Malaria, pengobatan umum, gigi, dan khitanan. Menyangkut tim medis yang terjun, Heka menyebutkan terdiri dari empat dokter spesialis, delapan dokter umum, satu dokter gigi, 20 perawat, enam apoteker serta puluhan anggota Korem dan Kodim Mentawai.

Saat ini tenaga medis serta truk perlengkapan obat-obat telah bergerak ke Mentawai dengan menggunakan Kapal ASDP pada hari Minggu (4/2). Sementara itu tenaga medis dari RST dan obat-obatan dari Yayasan Budha Sutzi dikirimkan pada Senin (5/2) dengan ASDP serta tenaga medis dari AGP dan Budha Sutzi pada Selasa (6/2/2018) dengan kapal Pemda Mentawai serta rombongan HPN AGP dan Dinkes Sumbar pada Rabu (7/2/2018) dengan Mentawai Fast.

Pembukaan pengobatan gratis ini bakal dihadiri oleh Menko Maritim Luhut B Pandjaitan, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Danrem, Dandim Mentawai serta pejabat Pemprov Sumbar, Pemkab Mentawai dan kemungkinan Presiden RI Joko Widodo. HPN 2018 juga akan dimeriahkan dengan gelaran pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro pada 8 Februari dan puncak acara HPN 2018 pada 9 Februari 2018.

HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan insan pers nasional. HPN digelar oleh Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

 

“Orang Yang Berbahagia Bukanlah Orang Yang Hebat Dalam Segala Hal, Tapi Orang Yang Bisa Menemukan Hal Sederhana Dalam Hidupnya dan Mengucap Syukur”

“Kepedulian Kami adalah panggilan sebagai anak bangsa Indonesia untuk berbuat terhadap sesama yang tertimpa musibah”