Discovery Kartika Plaza Hotel Rayakan Earth Hour, Gelar Candle Light Balinese Buffet Dinner

Artha-Graha-Peduli-dan-Artha-Graha-Network-merayakan-Earth-HourArtha Graha Peduli dan Artha Graha Network merayakan Earth Hour selama 60 menit di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, Sabtu (19/3).


DENPASAR, POS BALI – Sejak tahun 2007 Earth Hour yang diprakarsai oleh World Wide Fund For Nature (WWF) sebagai kampanye internasional untuk menarik partisipasi publik untuk mengurangi dampak perubahan iklim global yang semakin mengkhawatirkan yang dilaksanakan setiap bulan Maret. Melalui aksi peduli lingkungan melalui Earth Hour ini, masyarakat termasuk dunia usaha dihimbau untuk melakukan pemadaman minimal satu lampu dan peralatan elektronik lainnya yang tidak dipergunakan selama satu jam.

Pada tahun 2016, pelaksaaan Earth Hour jatuh pada 19 Maret mulai dari pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat. Untuk menyukseskan Earth Hour ini, Discovery Kartika Plaza Hotel Bali yang merupakan bagian dari Artha Graha Network juga ikut mendukung sepenuhnya gerakan peduli lingkungan tersebut yang ditunjukkan dengan mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak dibutuhkan di seluruh kawasan hotel selama 60 menit.

“Aksi ini diharapkan mampu mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan oleh aktivitas sehari-hari. Emisi inilah yang sering disebut sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim. Sehingga aksi Earth Hour menjadi simbol kepedulian masyarakat dalam mengistirahatkan bumi selama satu jam sebagai kampanye perubahan iklim dan pencegahan pemanasan global dari Artha Graha Peduli (AGP) Lingkungan dan Artha Graha Network,” ungkap Senior Artha Graha Peduli yang juga Founder atau Pendiri FPM Bali, Heru B. Wasesa ditemui di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Sabtu (19/3).

Perwakilan Management Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, I Wayan Toko juga mengakui tidak saja management hotel yang berpartisipasi dalam gerakan 60 menit tanpa lampu ini, namun AGP Foundation serta para tamu hotel juga ikut serta menyemarakan kegiatan ini dengan menyalakan lilin sebagai penerangan selama Balinese Buffet Dinner yang diadakan di Tepan Noodle Restaurant. “Kami sebagai pelaku pariwisata yang memegang konsep Tri Hita Karana serta bagian dari Artha Graha Peduli Foundation yang juga berkonsentrasi atas pemeliharaan lingkungan sangat berantusias melakukan gerakan pemadaman lampu selama 60 menit di Earth Hour 2016 ini,” ujarnya.

Dijelaskan aksi peduli lingkungan ini, sebagai kontribusi Discovery Kartika Plaza Hotel yang menjadi bagian dari Artha Graha Peduli dan Artha Graha Network dengan mengadakan Earth Hour secara serempak sehingga bisa ikut memangkas sekitar 21,6 ton emisi karbon dioksida. “Aksi penghematan energi dibawah naungan Artha Graha Network juga untuk mengajak masyarakat agar sadar dan ramah terhadap lingkungan. Oleh karena itu kita sudah diinformasikan kepada tamu yang menginap agar bisa sepenuhi hati mendukung program ini. Namun tamu hotel justru berharap agar program ini bisa terus berlanjut setiap tahunnya,” tandasnya didampingi Fenty S. Prawiraatmadja selaku Assistant PR Manager Discovery Kartika Plaza Hotel.

Sementara itu, Mewakili Artha Graha Peduli Foundation I Wayan Ratdana kembali menegaskan aksi ini juga sebagai salah satu kepedulian Artha Graha Network untuk peduli terhadap lingkungan sehingga tetap sehat bagi manusia dan isinya kedepan. Selain kepedulian lingkungan ini, juga banyak aktifitas sosial lainnya yang dilakukan, seperti kegiatan penghijauan, pasar sembako murah maupun pemeriksaan kesehatan sebagai program rutin dari Artha Graha Peduli dan Artha Graha Network. “Program ini akan terus kita lanjutkan sehingga bisa menyadarkan masyarakat agar selalu sadar dan peduli dengan lingkungan,” imbuhnya.

Sebelumnya, PLN Distribusi Bali telah mencatat adanya penurunan konsumsi listrik sebesar lima persen atau setara dengan 36 MW pada pelaksanaan Earth Hour tahun 2015. Berdasar pada data tersebut, prediksi penurunan konsumsi listrik sebesar 41 MW pada pelaksanaan Earth Hour tahun ini. Berdasarkan beban puncak Bali tahun 2016 yang tercatat sebesar 822 MW, aksi Earth Hour diprediksi akan menurunkan beban listrik Bali.

Sumber

“Orang Yang Berbahagia Bukanlah Orang Yang Hebat Dalam Segala Hal, Tapi Orang Yang Bisa Menemukan Hal Sederhana Dalam Hidupnya dan Mengucap Syukur”

“Kepedulian Kami adalah panggilan sebagai anak bangsa Indonesia untuk berbuat terhadap sesama yang tertimpa musibah”